Manajemen
Stratejik ( MANJIK )
PT.SANBE
FARMA
PT Sanbe Farma didirikan pada tahun
1975 di Bandung oleh Jahja Santoso bersaudara. Lokasi pabrik: Kp Cimuncang (Ds
Utama Leuwigajah, Cimahi) dan kantornya berada di Jl Taman Sari (Bandung). Nama
Sanbe merupakan singkatan dari Santoso bersaudara (Jahja Santoso adalah seorang
apoteker lulusan ITB). Kegiatan utama yaitu memproduksi dan juga menjual
obat-obatan. Pada mulanya Sanbe memproduksi obat-obat etikal, th1985 Sanbe
memproduksi juga obat-obatan untuk hewan. Tahun 1992, Sanbe mulai memasuki
pasar obat bebas (OTC) dengan salah satu merk andalannya yaitu Sanaflu.
Sekarang, Sanbe menduduki peringkat terbaik di antara perusahaan farmasi di
Indonesia berdasarkan laporan IMS dengan jumlah karyawan lebih dari 1500 orang.
Empat di antara 15 produk etikal terbaik diproduksi oleh Sanbe Farma. Keempat
produk tersebut adalah Amoxsan (Amoxycillin), Cefat (Cefadroxil), Claneksi
(Co-AmoxyClav) and Baquinor (Ciprofloxacin). Delapan pabrik di Indonesia telah
menggunakan cGMP dengan standar Internasional dengan Sanbe salah satunya.
VISI
menjadi perusahaan berbasis inovatif dan teknologi
sejalan dengan perkembangan sains dan teknologi dunia.
MISI
·
Integrity
Sebagai
penyedia produk dan pelayanan yang berkualitas
·
Highest Regard for People
Orang
merupakan pondasi kesuksesan Sanbe, dan Sanbe mengkaji, memotivasi, dan memakai
orang dengan kemampuan dan kompetensi yang baik.
·
Kepuasan Konsumen
Sanbe
akan bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen tepat waktu dengan
kemampuan terbaik Sanbe.
·
Komunitas
Sanbe
akan mengirim produknya yang berkualitas untuk meningkatkan pelayanan
kesehatan.
·
Inovasi
Sanbe
akan selalu melakukan inovasi
·
Team Work
Saling
bekerja sama dalam satu team dan saling percaya.
·
Performance
Sanbe
selalu menetapkan standar yang tinggi dan mencapai sukses hari demi hari
melebihi standar yang ditetapkan dengan rasa tidak ketidak puasan untuk
mendapatkan kemenangan
·
Leadership
Sanbe
akan memimpin apapun yang kami lakukan dengan cara kami yang unik dan
memotivasi tidak hanya anggota Sanbe saja tetapi juga di dalam industri.
Tujuan
Menjalankan kegiatan dalam
perusahaan farmasi yang dapat dipercaya dan dapat terus menerus meningkatkan
nilai lebih tinggi bagi konsumen dalam hal kualitas dan ketersediaan obat dan
berdaya saing kuat .
Sasaran
Memperoleh keuntungan lebih dari 500
juta
Setelah menganalisa visi misi dan
tujuan PT.SANBE FARMA sudah memenuhi
kaidah-kaidah berikut atau di singkat dengan sebutan “SMART” yaitu :
SIMPLE : Tujuan harus di rumuskan dalam suatu yang sederhana dan
mudah di mengerti, sehingga dapat di pahami oleh semua anggota
Pembuktian : bisa dilihat dari
visi perusahaan yaitu pada kata-kata ”menjadi perusahaan berbasis
inovatif dan teknologi sejalan dengan perkembangan sains dan teknologi dunia”.
MEASURABLE : Jelas, terukur dan kongrit dan dapat menjadi motivasi
bagi karyawan.
Pembuktian : bisa dilihat dari misi perusahaan yaitu pada kata-kata
“Orang merupakan pondasi kesuksesan Sanbe, dan Sanbe mengkaji, memotivasi, dan
memakai orang dengan kemampuan dan kompetensi yang baik. Saling bekerja sama
dalam satu team dan saling percaya . Leadership sanbe akan memimpin apapun yang
kami lakukan dengan cara kami yang unik dan memotivasi tidak hanya anggota
Sanbe saja tetapi juga di dalam industri”.
APLIKABLE : Layak atau perusahaan sebisa mungkin untuk melakukannya
Pembuktian : Bisa di lihat dari misi perusahaan yaitu pada kata-kata
“Sebagai penyedia produk dan pelayanan yang berkualitas .Sanbe selalu
menetapkan standar yang tinggi dan mencapai sukses hari demi hari melebihi
standar yang ditetapkan dengan rasa tidak ketidak puasan untuk mendapatkan
kemenangan”.
RELIABLE : Selalu sesuai dengan harapan dan kepentingan perusahaan
serta perkembangan zaman atau realita hidup .
Pembuktian : Bisa di lihat dari tujuan perusahaan yaitu pada kata-kata
“Menjalankan kegiatan dalam perusahaan farmasi yang dapat dipercaya dan dapat
terus menerus meningkatkan nilai lebih tinggi bagi konsumen dalam hal kualitas
dan ketersediaan obat dan berdaya saing kuat”.
TIME
ABLE : Memiliki tenggang waktu atau
kemampuan yang di capai dalam waktu tertentu
Pembuktian : Bisa di lihat dari sejarah perusahaan yaitu " PT Sanbe Farma
didirikan pada tahun 1975 di Bandung oleh Jahja Santoso bersaudara sampai Tahun
1992, Sanbe mulai memasuki pasar obat bebas (OTC) dengan salah satu merk
andalannya yaitu Sanaflu. Sekarang, Sanbe menduduki peringkat terbaik di antara
perusahaan farmasi di Indonesia
ANALISIS
SWOT PT.SANBE FARMA
KEKUATAN
:
Sanbe memiliki potensi dalam merajai
pasar ethical.
Sanbe memiliki potensi dalam
menangkap peluang pasar di karenakan memiliki pemimpin perusahan yang ulet,
tegas, jeli dan turun tangan dalam kegiatan yang berlangsung dalam perusahaan.
Memilih karyawan yang berkualitas
KELEMAHAN
:
· Belum mampu mengelolah sumber daya manusia secara
profesional.
· People managemen belum kokoh. Ini terlihat dari banyaknya
karyawan yang keluar dan masuk dalam frekuensi yang tinggi.
· Kurang rasa percaya nya pemimpin pada karyawan.
PELUANG
:
Besarnya penduduk indonesia dan
masih rendahnya konsumsi obat per kapita. Sande farma memiliki internasional
operation di 12 negara. Dengan demikian kesempatan menjadi pemain global
terbuka lebar.
ANCAMAN
:
Saat ini sebagian masyarakat
indonesia mulai beralih menggunakan produk herbal oleh karena itu sanbe perlu
melakukan inovasi produk dengan berusaha memproduksi
obat-obatan herbal.
DAYA
SAING PT.SANBE FARMA
1.Sumber daya yang di miliki
A.Berwujud
Pabrik,laboraturium. Gedung obat
jadi.lahan. Pabrik
sediaan steril
B.Tak berwujud
sertifikat
CPOB,dan mendapatkan Nomer regestrasi
dan Nomer Ijin Edar (NIE), sertifikat GMP (Good Manufacturing Practices) untuk
7 jenis produk. memenangkan grand price “The Most Popular Brand “ di
Indonesia tahun 1997 dan 1999
2.Kemampuan
· Merupakan perusahaan farmasi yang sudah
dikenal di 12 negara.
· Mengembangkan inovatif dibidang farmasi dan kepeduliannya pada kesehatan
masyarakat
3.kemampuan
inti
Perusahaan
farmasi yang sudah internasional di 12 negara
Wilayah
pemasaran dalam dan luar negeri
4.Keunggulan
Bersaing Yang Berkesinambungan
Kualitas
pelayanan yang diberikan menimbulkan kesetiaan tinggi dari konsumen serta
diikuti dengan adanya minat beli pada produk sehingga berdampak pada
peningkatan penjualan perusahaan.
5.Daya
Saing(Laba diatas rata-rata)
Keunggulan dan
kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan,sehingga perusahaan dapat terus mengembangkan dirinya untuk menciptakan hal-hal yang baru lagi
untuk mencapai kebutuhan yang diinginkan
oleh konsumen.
TABEL IFAS DAN EFAS PT.SANBE FARMA
KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTEGE PROFIL
STRENGHT
Faktor
Internal
|
Strenght
|
Produksi
Marketing
Struktur
organisasi
SDM
Distribusi
Teknologi
|
·
Mampu memproduksi produk obat – obatan yang
menggunakan standart GCP dan GLP yang terbaru
·
Meluncurkan produk generic yang tergolong
lebih murah dari produk perusahaan farmasi lainya
·
Setiap bagian bekerja dengan fungsi dan tugas
masing - masing
·
Memiliki lobi dan jaringan dokter yang kuat
·
Karyawan merupakan orang – orang yang
berkualitas
·
Mampu mengontrol distribusi obat-obatannya
·
Memiliki pabrik infus steril kemasan soft bag
yang canggih dan yang pertama di Indonesia
·
Laboraturium telah terakreditasi oleh nasional
accredited body (KAN)
|
KUISIONER
INTERNAL FACTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI KEKUATAN(STRENGTH)
FAKTOR
STRATEGIS
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Mampu Memproduksi Produk Obat-Obatan Yang Menggunakan
Standart GCP dan GLP Yang Terbaru
|
4
|
0,19
|
3
|
0,57
|
Setiap Bagian
Bekerja Dengan Fungsi Dan Tugas Masing-Masing Bagian
|
2
|
0,10
|
3
|
0,3
|
Memiliki Lobi Dan
Jaringan Dokter Yang Kuat
|
3
|
0,14
|
3
|
0,42
|
Karyawan
merupakan orang – orang yang berkualitas
|
2
|
0,10
|
3
|
0,2
|
Mampu
mengontrol distribusi
obat-obatannya
|
3
|
0,14
|
4
|
0,56
|
Memiliki
pabrik infus steril kemasan
soft
bag yang canggih dan yang pertama di Indonesia
|
4
|
0,19
|
4
|
0,76
|
Laboraturium
telah terakreditasi oleh nasional ACCREDITED
BODY (KAN)
|
3
|
0,14
|
3
|
0,42
|
TOTAL
|
21
|
1,00
|
24
|
3,23
|
UKURAN PEMBOBOTAN
|
UKURAN RATING
|
1
= Sedikit Penting
2 = Agak Penting
3 = Penting
4 = Sangat
Penting
|
1 = Sedikit Kuat
2 = Agak Kuat
3 = Kuat
4 = Sangat Kuat
|
KONDISI
INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTEGE PROFILE WEAKNESS
Factor
Internal
|
Weakness
|
Struktur
organisasi
|
·
Belum mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen
secara profesional
·
Belum mampu memberi kekuasaan kepada karyawan(kurangnya rasa
percaya kepada karyawannya)
|
Sdm
|
·
Belum mampu mengelola sdm secara professional
·
System human resource/people managemen belum kokoh
|
KUISIONER
INTERNAL FACTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI KELEMAHAN(WEAKNESS)
Factor Strategi
|
Nilai
|
bobot
|
rating
|
skor
|
Belum
mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen secara profesional
|
2
|
0,28
|
-2
|
-0,56
|
Belum
mampu memberi kekuasaan kepada
Karyawan (kurangnya rasa percaya kepada karyawannya)
|
1
|
0,15
|
-3
|
-0,45
|
Belum
mampu mengelola sdm secara professional
|
2
|
0,28
|
-3
|
-0,84
|
System
human resource/people managemen belum kokoh
|
2
|
0,29
|
-2
|
-0,58
|
TOTAL
|
7
|
1,00
|
-10
|
-2,43
|
UKURAN PEMBOBOTAN
|
UKURAN RATING
|
1
= Sedikit Penting
2 = Agak Penting
3 = Penting
4 = Sangat
Penting
|
-1 = Sedikit Kuat
-2 = Agak Kuat
-3 = Kuat
-4 = Sangat Kuat
|
TOTAL
SKOR TABEL IFAS
=TOTAL
SKOR KEKUATAN(STRENGHT)+TOTAL SKOR KELEMAHAN(WEAKNESS)
3,23+(-2,43)=0,8
|
KONDISI EKSTERNAL PERUSAHAAN
ENVIROMENTAL THREAT AND OPPORTUNITY PROFIL(ETOP) OPPORTUNITY
FAKTOR EKSTERNAL
|
OPPORTUNITY
|
Politik
|
·
Belum
terlalu banyaknya pesaing dalam pasar infus
·
Memiliki
international operation di 12 negara sehingga memiliki kesempatan untuk
menjadi pemain global semakin terbuka
lebar
|
Teknologi
|
·
Dibukanya
rumah sakit pertama untuk pendistribusian infus dan beberapa produk lainnya
|
Social
Kultur
|
·
Banyaknya
penduduk Indonesia dan masih rendahnya konsumsi obat perkapita
|
Marketing
|
·
Produk
sampai kepasar menenggah atas,dengan semakin bertumbuh suburnya rumah sakit
mewah dan produk ini akan mudah diserap oleh pasar infus
·
Memiliki peluang merajai pasar produk ethical
sehingga dapat menekan biaya promosi atau iklan
|
KUISIONER EKSTERNAL FAKTOR
ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI PELUANG (OPPORTUNITY)
FAKTOR STRATEGIS
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Belum terlalu
banyaknya pesaing dalam pasar infus
|
3
|
0,16
|
3
|
0,48
|
Memiliki
international operation di 12 negara sehingga memiliki kesempatan untuk
menjadi pemain global semakin terbuka
lebar
|
3
|
0,16
|
4
|
0,64
|
Dibukanya rumah
sakit pertama untuk pendistribusian infus dan beberapa produk lainnya
|
4
|
0,21
|
3
|
0,63
|
Banyaknya
penduduk Indonesia dan masih rendahnya konsumsi obat perkapita
|
3
|
0,15
|
3
|
0,45
|
Produk sampai
kepasar menenggah atas,dengan semakin bertumbuh suburnya rumah sakit mewah
dan produk ini akan mudah diserap oleh pasar infus
|
3
|
0,16
|
3
|
0,48
|
Memiliki
peluang merajai pasar produk ethical sehingga dapat menekan biaya promosi
atau iklan
|
3
|
0,16
|
3
|
0,48
|
TOTAL
|
19
|
1,00
|
19
|
3,16
|
UKURAN PEMBOBOTAN
|
UKURAN RATING
|
1
= Sedikit Penting
2 = Agak Penting
3 = Penting
4 = Sangat
Penting
|
1 = Sedikit Kuat
2 = Agak Kuat
3 = Kuat
4 = Sangat Kuat
|
KONDISI EKSTERNAL PERUSAHAAN
ENVIROMENTAL THREAT AND
OPPORTUNITY PROFIL(ETOP)THREAT
OPPORTUNITY PROFIL(ETOP)THREAT
FAKTOR
EKSTERNAL
|
THREAT
|
Marketing
|
Perlunya melakukan inovasi produk dengan berusaha
memproduksi obat-obat herbal
|
Ekonomi
|
Adanya krisis
ekonomi telah membuat daya beli obat menurun
|
Pesaing
|
Persaingan pasar
produk infus semakin ketat
|
Social Kultur
|
Semakin
meningkatnya pesaing-pesaing bisnis farmasi dipasar internasional
|
KUISIONER EKSTERNAL FAKTOR
ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI ANCAMAN(THREAT)
THREAT
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Perlunya melakukan inovasi produk dengan berusaha
memproduksi obat-obat herbal
|
4
|
0,44
|
-2
|
-0,88
|
Adanya
krisis ekonomi telah membuat daya beli obat menurun
|
0,22
|
-3
|
-0,66
|
|
Persaingan pasar
produk infus semakin ketat
|
1
|
0,12
|
-3
|
-0,36
|
Semakin
meningkatnya pesaing-pesaing bisnis farmasi dipasar internasional
|
2
|
0,22
|
-3
|
-0,66
|
TOTAL
|
9
|
1,00
|
-10
|
-2,56
|
UKURAN PEMBOBOTAN
|
UKURAN RATING
|
1
= Sedikit Penting
2 = Agak Penting
3 = Penting
4 = Sangat
Penting
|
-1 = Sedikit Kuat
-2 = Agak Kuat
-3 = Kuat
-4 = Sangat Kuat
|
TOTAL SKOR TABEL EFAS
=TOTAL SKOR
PELUANG(OPPORTUNITY)+TOTAL SKOR ANCAMAN(THREAT)
3,16+(-2,56)=0,6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar