Selasa, 22 November 2016

manajemen stratejik pt sanbe farma


Manajemen Stratejik ( MANJIK )
PT.SANBE FARMA


PT Sanbe Farma didirikan pada tahun 1975 di Bandung oleh Jahja Santoso bersaudara. Lokasi pabrik: Kp Cimuncang (Ds Utama Leuwigajah, Cimahi) dan kantornya berada di Jl Taman Sari (Bandung). Nama Sanbe merupakan singkatan dari Santoso bersaudara (Jahja Santoso adalah seorang apoteker lulusan ITB). Kegiatan utama yaitu memproduksi dan juga menjual obat-obatan. Pada mulanya Sanbe memproduksi obat-obat etikal, th1985 Sanbe memproduksi juga obat-obatan untuk hewan. Tahun 1992, Sanbe mulai memasuki pasar obat bebas (OTC) dengan salah satu merk andalannya yaitu Sanaflu. Sekarang, Sanbe menduduki peringkat terbaik di antara perusahaan farmasi di Indonesia berdasarkan laporan IMS dengan jumlah karyawan lebih dari 1500 orang. Empat di antara 15 produk etikal terbaik diproduksi oleh Sanbe Farma. Keempat produk tersebut adalah Amoxsan (Amoxycillin), Cefat (Cefadroxil), Claneksi (Co-AmoxyClav) and Baquinor (Ciprofloxacin). Delapan pabrik di Indonesia telah menggunakan cGMP dengan standar Internasional dengan Sanbe salah satunya.
VISI
menjadi  perusahaan berbasis inovatif dan teknologi sejalan dengan perkembangan sains dan teknologi dunia.

MISI
·        Integrity
Sebagai penyedia produk dan pelayanan yang berkualitas 

·        Highest Regard for People
Orang merupakan pondasi kesuksesan Sanbe, dan Sanbe mengkaji, memotivasi, dan memakai orang dengan kemampuan dan kompetensi yang baik. 

·        Kepuasan Konsumen
Sanbe akan bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen tepat waktu dengan kemampuan terbaik Sanbe. 

·        Komunitas
Sanbe akan mengirim produknya yang berkualitas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.


·      Inovasi
Sanbe akan selalu melakukan inovasi 

·        Team Work
Saling bekerja sama dalam satu team dan saling percaya. 

·        Performance
Sanbe selalu menetapkan standar yang tinggi dan mencapai sukses hari demi hari melebihi standar yang ditetapkan dengan rasa tidak ketidak puasan untuk mendapatkan kemenangan 

·        Leadership
Sanbe akan memimpin apapun yang kami lakukan dengan cara kami yang unik dan memotivasi tidak hanya anggota Sanbe saja tetapi juga di dalam industri. 

Tujuan
Menjalankan kegiatan dalam perusahaan farmasi yang dapat dipercaya dan dapat terus menerus meningkatkan nilai lebih tinggi bagi konsumen dalam hal kualitas dan ketersediaan obat dan berdaya saing kuat .

Sasaran
Memperoleh keuntungan lebih dari 500 juta

Setelah menganalisa visi misi dan tujuan PT.SANBE FARMA sudah memenuhi       kaidah-kaidah berikut atau di singkat dengan sebutan “SMART” yaitu :

SIMPLE : Tujuan harus di rumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah di mengerti, sehingga dapat di pahami oleh semua anggota
Pembuktian : bisa dilihat dari  visi perusahaan yaitu pada kata-kata ”menjadi perusahaan berbasis inovatif dan teknologi sejalan dengan perkembangan sains dan teknologi dunia”.

MEASURABLE : Jelas, terukur dan kongrit dan dapat menjadi motivasi bagi karyawan.
Pembuktian : bisa dilihat dari misi perusahaan yaitu pada kata-kata “Orang merupakan pondasi kesuksesan Sanbe, dan Sanbe mengkaji, memotivasi, dan memakai orang dengan kemampuan dan kompetensi yang baik. Saling bekerja sama dalam satu team dan saling percaya . Leadership sanbe akan memimpin apapun yang kami lakukan dengan cara kami yang unik dan memotivasi tidak hanya anggota Sanbe saja tetapi juga di dalam industri”.

APLIKABLE : Layak atau perusahaan sebisa mungkin untuk melakukannya
Pembuktian : Bisa di lihat dari misi perusahaan yaitu pada kata-kata “Sebagai penyedia produk dan pelayanan yang berkualitas .Sanbe selalu menetapkan standar yang tinggi dan mencapai sukses hari demi hari melebihi standar yang ditetapkan dengan rasa tidak ketidak puasan untuk mendapatkan kemenangan”.

RELIABLE : Selalu sesuai dengan harapan dan kepentingan perusahaan serta perkembangan zaman atau realita hidup .
Pembuktian : Bisa di lihat dari tujuan perusahaan yaitu pada kata-kata “Menjalankan kegiatan dalam perusahaan farmasi yang dapat dipercaya dan dapat terus menerus meningkatkan nilai lebih tinggi bagi konsumen dalam hal kualitas dan ketersediaan obat dan berdaya saing kuat”.

TIME ABLE : Memiliki tenggang waktu atau kemampuan yang di capai dalam waktu tertentu
Pembuktian : Bisa di lihat dari sejarah perusahaan yaitu " PT Sanbe Farma didirikan pada tahun 1975 di Bandung oleh Jahja Santoso bersaudara sampai Tahun 1992, Sanbe mulai memasuki pasar obat bebas (OTC) dengan salah satu merk andalannya yaitu Sanaflu. Sekarang, Sanbe menduduki peringkat terbaik di antara perusahaan farmasi di Indonesia

ANALISIS SWOT PT.SANBE FARMA

KEKUATAN :
Sanbe memiliki potensi dalam merajai pasar ethical.
Sanbe memiliki potensi dalam menangkap peluang pasar di karenakan memiliki pemimpin perusahan yang ulet, tegas, jeli dan turun tangan dalam kegiatan yang berlangsung dalam perusahaan.
Memilih karyawan yang berkualitas

KELEMAHAN :
·        Belum mampu mengelolah sumber daya manusia secara profesional.
·        People managemen belum kokoh. Ini terlihat dari banyaknya karyawan yang keluar dan masuk dalam frekuensi yang tinggi.
·        Kurang rasa percaya nya pemimpin pada karyawan.

PELUANG :
Besarnya penduduk indonesia dan masih rendahnya konsumsi obat per kapita. Sande farma memiliki internasional operation di 12 negara. Dengan demikian kesempatan menjadi pemain global terbuka lebar.
ANCAMAN :
Saat ini sebagian masyarakat indonesia mulai beralih menggunakan produk herbal oleh karena itu sanbe perlu melakukan inovasi produk dengan berusaha memproduksi
 obat-obatan herbal.

DAYA SAING PT.SANBE FARMA
1.Sumber daya yang di miliki
A.Berwujud
Pabrik,laboraturium. Gedung obat jadi.lahan. Pabrik sediaan steril
            B.Tak  berwujud
sertifikat CPOB,dan mendapatkan Nomer regestrasi dan Nomer Ijin Edar (NIE), sertifikat GMP (Good Manufacturing Practices) untuk 7 jenis produk. memenangkan grand price “The Most Popular Brand “ di Indonesia tahun 1997 dan 1999

2.Kemampuan
·        Merupakan perusahaan farmasi yang sudah dikenal di 12 negara.
·        Mengembangkan inovatif dibidang  farmasi dan kepeduliannya pada kesehatan masyarakat

3.kemampuan inti
Perusahaan farmasi yang sudah internasional di 12 negara
Wilayah pemasaran dalam dan luar negeri


4.Keunggulan Bersaing Yang Berkesinambungan
Kualitas pelayanan yang diberikan menimbulkan kesetiaan tinggi dari konsumen serta diikuti dengan adanya minat beli pada produk sehingga berdampak pada peningkatan penjualan perusahaan.

5.Daya Saing(Laba diatas rata-rata)
Keunggulan dan kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan,sehingga perusahaan dapat  terus mengembangkan dirinya  untuk menciptakan hal-hal yang baru lagi untuk mencapai kebutuhan  yang diinginkan oleh konsumen.


TABEL IFAS DAN EFAS PT.SANBE FARMA


KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTEGE PROFIL STRENGHT
Faktor Internal
                                  
                                       Strenght

Produksi


Marketing


Struktur
organisasi

SDM


Distribusi

Teknologi

·         Mampu memproduksi produk obat – obatan yang menggunakan standart GCP dan GLP yang terbaru

·         Meluncurkan produk generic yang tergolong lebih murah dari produk perusahaan farmasi lainya

·          Setiap bagian bekerja dengan fungsi dan tugas masing -  masing


·         Memiliki lobi dan jaringan dokter yang kuat
·         Karyawan merupakan orang – orang yang berkualitas

·         Mampu mengontrol distribusi obat-obatannya

·         Memiliki pabrik infus steril kemasan soft bag yang canggih dan yang pertama di Indonesia
·         Laboraturium telah terakreditasi oleh nasional accredited body (KAN)


























KUISIONER INTERNAL FACTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI KEKUATAN(STRENGTH)

FAKTOR STRATEGIS

NILAI

BOBOT

RATING

SKOR
Mampu Memproduksi  Produk Obat-Obatan Yang Menggunakan Standart GCP dan GLP  Yang Terbaru

4

0,19

3

0,57
Setiap Bagian Bekerja Dengan Fungsi Dan Tugas Masing-Masing Bagian

2

0,10

3

0,3
Memiliki Lobi Dan Jaringan Dokter Yang Kuat

3

0,14

3

0,42
Karyawan merupakan orang – orang yang berkualitas


2

0,10

3

0,2
Mampu mengontrol distribusi
obat-obatannya


3

0,14

4

0,56
Memiliki pabrik infus steril kemasan
soft bag yang canggih dan yang pertama di Indonesia


4

0,19

4

0,76
Laboraturium telah terakreditasi oleh nasional ACCREDITED BODY (KAN)

3

0,14

3

0,42

TOTAL

21

1,00

24

3,23

               UKURAN PEMBOBOTAN
                     UKURAN RATING

1 = Sedikit Penting        

2 = Agak Penting

3 = Penting

4 = Sangat Penting


1 = Sedikit Kuat

2 = Agak Kuat

3 = Kuat

4 = Sangat Kuat

KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTEGE PROFILE WEAKNESS
Factor Internal
Weakness
Struktur organisasi
·         Belum mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen secara profesional
·         Belum mampu memberi  kekuasaan kepada karyawan(kurangnya rasa percaya kepada karyawannya)
Sdm
·         Belum mampu mengelola sdm secara professional
·         System human resource/people managemen belum kokoh

KUISIONER INTERNAL FACTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI KELEMAHAN(WEAKNESS)
Factor Strategi
Nilai
bobot
rating
skor
Belum mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen secara profesional

2
0,28
-2
-0,56
Belum mampu memberi  kekuasaan kepada Karyawan (kurangnya rasa percaya kepada karyawannya)
1
0,15
-3
-0,45
Belum mampu mengelola sdm secara professional
2
0,28
-3
-0,84
System human resource/people managemen belum kokoh
2
0,29
-2
-0,58
TOTAL
7
1,00
-10
-2,43


               UKURAN PEMBOBOTAN
                     UKURAN RATING

1 = Sedikit Penting        

2 = Agak Penting

3 = Penting

4 = Sangat Penting

-1 = Sedikit Kuat

-2 = Agak Kuat

-3 = Kuat

-4 = Sangat Kuat

TOTAL SKOR TABEL IFAS
=TOTAL SKOR KEKUATAN(STRENGHT)+TOTAL SKOR KELEMAHAN(WEAKNESS)
3,23+(-2,43)=0,8

KONDISI EKSTERNAL PERUSAHAAN ENVIROMENTAL THREAT AND OPPORTUNITY PROFIL(ETOP) OPPORTUNITY
FAKTOR EKSTERNAL
OPPORTUNITY
Politik
·         Belum terlalu banyaknya pesaing dalam pasar infus
·         Memiliki international operation di 12 negara sehingga memiliki kesempatan untuk menjadi pemain  global semakin terbuka lebar
Teknologi
·         Dibukanya rumah sakit pertama untuk pendistribusian infus dan beberapa produk lainnya
Social Kultur
·         Banyaknya penduduk Indonesia dan masih rendahnya konsumsi obat perkapita
Marketing
·         Produk sampai kepasar menenggah atas,dengan semakin bertumbuh suburnya rumah sakit mewah dan produk ini akan mudah diserap oleh pasar infus
·         Memiliki peluang merajai pasar produk ethical sehingga dapat menekan biaya promosi atau iklan
KUISIONER EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI PELUANG (OPPORTUNITY)
FAKTOR STRATEGIS
NILAI
BOBOT
RATING
SKOR
Belum terlalu banyaknya pesaing dalam pasar infus

3
0,16
3
0,48
Memiliki international operation di 12 negara sehingga memiliki kesempatan untuk menjadi pemain  global semakin terbuka lebar
3
0,16
4
0,64
Dibukanya rumah sakit pertama untuk pendistribusian infus dan beberapa produk lainnya
4
0,21
3
0,63
Banyaknya penduduk Indonesia dan masih rendahnya konsumsi obat perkapita
3
0,15
3
0,45
Produk sampai kepasar menenggah atas,dengan semakin bertumbuh suburnya rumah sakit mewah dan produk ini akan mudah diserap oleh pasar infus
3
0,16
3
0,48
Memiliki peluang merajai pasar produk ethical sehingga dapat menekan biaya promosi atau iklan
    3
   0,16
3
0,48
TOTAL
19
1,00
19
3,16

               UKURAN PEMBOBOTAN
                     UKURAN RATING

1 = Sedikit Penting        

2 = Agak Penting

3 = Penting

4 = Sangat Penting

1 = Sedikit Kuat

2 = Agak Kuat

3 = Kuat

4 = Sangat Kuat

KONDISI EKSTERNAL PERUSAHAAN ENVIROMENTAL THREAT AND 
OPPORTUNITY PROFIL(ETOP)THREAT
FAKTOR EKSTERNAL
THREAT
Marketing
Perlunya  melakukan inovasi produk dengan berusaha memproduksi obat-obat herbal
Ekonomi
Adanya krisis ekonomi telah membuat daya beli obat menurun
Pesaing
Persaingan pasar produk infus semakin ketat
Social Kultur
Semakin meningkatnya pesaing-pesaing bisnis farmasi dipasar internasional





KUISIONER EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI ANCAMAN(THREAT)
                                              THREAT
   Nilai
 Bobot
Rating
 Skor
Perlunya  melakukan inovasi produk dengan berusaha memproduksi obat-obat herbal

      4

   0,44

    -2

 -0,88
Adanya krisis ekonomi telah membuat daya beli obat menurun

      2

   0,22

    -3

 -0,66
Persaingan pasar produk infus semakin ketat

      1

   0,12

    -3

 -0,36
Semakin meningkatnya pesaing-pesaing bisnis farmasi dipasar internasional

      2

   0,22

    -3

 -0,66
                                              
                                               TOTAL

     9

   1,00

   -10

 -2,56

               UKURAN PEMBOBOTAN
                     UKURAN RATING

1 = Sedikit Penting        

2 = Agak Penting

3 = Penting

4 = Sangat Penting

-1 = Sedikit Kuat

-2 = Agak Kuat

-3 = Kuat

-4 = Sangat Kuat

TOTAL SKOR TABEL EFAS
=TOTAL SKOR PELUANG(OPPORTUNITY)+TOTAL SKOR ANCAMAN(THREAT)
3,16+(-2,56)=0,6




DIAGRAM SWOT







Tidak ada komentar:

Posting Komentar